Cara Aman Eject Hard Disk Eksternal

jangan asal eject hard disk, ada caranya!

Eject atau "safely remove hardware" adalah hal yang wajib dilakukan sebelum mencabut perangkat yang terhubung dengan komputer. Dalam kasus ini perangkat yang dimaksud adalah HDD atau Hard Disk Drive. Pernahkah kamu mengalami pirigan hard disk yang masih berputar walaupun sudah di-eject? Jika iya, jangan dibiarkan saja. Karena mencabut hard disk saat piringan masih berputar akan memperpendek umur dari hard disk itu sendiri. Yang lebih parahnya bisa bad sector jika terlalu sering dilakukan.

Dalam hard disk baru, sebenarnya sudah terdapat fitur "auto spin down" yang akan menghentingan putaran piringan saat tidak ada proses baca/tulis (transfer data) yang dilakukan. Namun, tentunya tidak semua hard disk eksternal sudah memiliki fitur ini.

Eject Hard Disk Secara Aman

Semua masalah pasti adal solusinya. Tidak terkecuali untuk masalah ini. Jika hard disk kamu tidak memiliki fitur auto spin down, kamu bisa melakukan cara demikian dengan melakukan sedikit konfigurasi pada registry windows kamu agar eject hard disk sempurna. Lakukan backup untuk jaga-jaga.
  1. Buka menu Run dengan menekan tombol Win+R -> ketikkan regedit -> Enter

  2. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\usbhub

  3. Klik menu Edit -> New -> Key

  4. Tulis HubG -> Enter

  5. Klik menu Edit -> New -> DWORD (32-bit) Value

  6. Di bagian name dari DWORD Value, ketikkan DisableOnSoftRemove -> Enter

  7. Klik kanan DisableOnSoftRemove -> Modify

  8. Di Value data, ketikkan 1 -> OK

  9. Restart komputer
Dengan melakukan cara diatas, koneksi USB Port Hub akan diputus saat kamu melakukan eject hard disk. Dengan demikian piringan akan berhenti berputar dan kamu bisa tenang mencabut hard disk tanpa takut hard disk rusak.

Diberdayakan oleh Blogger.