8 Penjualan Domain Termahal di Dunia

domain termahal di dunia

Domain adalah nama atau alamat sebuah website. Domain digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mengakses situs web. Karena dulunya user harus menghafalkan IP Address untuk mengakses situs web. Domain sendiri dibagi dalam beberapa ekstensi seperti .com, .net, .info, .org, .gov, .id dan masih banyak lagi.

Umumnya harga untuk sebuah domain berkisar sekitar $10 (100 ribuan), tapi tahukah kamu diluar sana ada beberapa nama domain yang harganya selangit. Bahkan sampai milyaran! Penasaran?


8 Domain Termahal di Dunia

1. vodka.com

Vodka adalah salah satu dari sekian banyak minuman beralkohol yang ada. Domain Vodka.com dibeli oleh pengusaha sekaligus produsen vodka di Rusia, Russian Standard Co. Domain ini dibeli tahun 2006 lalu senilai $3 juta (39,6 milyar)

2. mi.com

Mi.com sudah ada sejak tahun 1998 silam. Dan pada bulan April tahun 2014 lalu, domain ini dibeli oleh Xiaomi dengan harga $3,6 juta (47,6 milyar). Domain ini sekaligus menjadi domain termahal yang pernah dibeli perusahaan berbasis internet dan teknologi di Tiongkok.

3. toys.com

2009 lalu Toys.com terjual melalui bursa lelang yang dimenangkan oleh perusahaan mainan ternama di Amerika, Toys R Us seharga $5 juta (67,4 miliar). Padahal mulanya domain ini hanya akan dijual seharga $1,25 juta karena perusahaan pemiliknya mengalami kebangkrutan.

4. z.com

GMO Internet membeli nama domain Z.com dari Nissan Motors senilai US$ 6,7 juta (Rp 89,26 miliar). Nama domain Z.com yang terjual pada November 2014 lalu merupakan satu dari tiga nama domain karakter tunggal yang saat ini masih ada di ranah domain .com.

5. diamond.com

Toko online barang mewah Odimo.com menjual Diamond.com yang dilepas dengan nilai $7,5 juta (Rp.98,68 milyar) dan dijual kepada toko perusahaan ritel, Ice.com.

6. we.com

Alf Temme pada mulanya adalah pemilik dari domain We.com yang didaftarkan sejak 1992 yang kemudian menjual domain We.com setelah memilikinya selama hampir sembilan tahun. Mereka mengantongi $8 juta (105,26 milyar) dari Wealth Evolution yang merupakan perusahaan bank ternama di Tiongkok.

7. fund.com

Sebuah nama domain bernama Fund.com terjual kepada sebuah perusahaan pada tahun 2008 dengan nilai $9,9 juta (131,5 milyar).

8. sex.com

Yang paling mahal ditempati oleh Sex.com yang sekaligus menjadi domain termahal untuk situs pornografi. Pada tahun 2010 domain ini diakuisisi dengan harga yang cukup fantastis, sekitar $13 juta (171 milyar) dengan nilai tukar saat ini. Transaksi tersebut bahkan masuk ke Guinness Book of World Records.

Diberdayakan oleh Blogger.