7 Programmer Paling Berpengaruh di Dunia

belajar coding bahasa pemrograman

Programmer adalah seseorang yang bekerja membuat atau memodifikasi bahasa pemrograman (coding). Perkembangan teknologi yang pesat seperti sekarang tidak lepas dari usaha para programmer dalam mengembangkan bahasa pemrograman. Di dunia ini dinilai terdapat beberapa programmer paling berpengaruh bagi kemajuan berkat bahasa pemrograman yang mereka ciptakan.


1. James Goosling

penemu java

Merupakan ilmuwan komputer yang berasal dari Kanada, James Arthur Gosling. Beliau adalah orang yang berhasil menciptakan bahasa pemrograman Java yang masih digunakan sampai saat ini. Java bisa dibilang merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh sepanjang masa.

2. Dennis Ritchie

penemu bahasa c

Pria dengan nama panjang Dennis McAlistair Ritchie ini merupakan pria kebangsaan Amerika yang bekerja sebagai ilmuwan komputer. Dialah orang dibalik bahasa C yang banyak digunakan sebagai dasar untuk membuat program.

Bahasa C dibuat tahun 1972 dan masih dipakai sampai saat ini dalam berbagai hal seperti pembuatan aplikasi dan sistem operasi. Dennis juga pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan, seperti Turing Award di tahun 1983 dan National Medal of Technology dari presiden AS di tahun 1999.

3. Linus Torvalds

pengembang sistem operasi linux

Pria inilah yang berperan penting dalam pengembangan Kernel Linux. Di tahun 2012, dirinya bersama Shinya Yamanaka secara terhormat diberi penghargaan Millennium Technology Prize oleh Technology Academy Finland berkat kreasinya dalam membuat operasi sistem yang bersifat open source.

Berawal dari situ, Linux bisa dikembangkan ke banyak hal. Sistem operasi mobile paling populer Android juga menggunakan Linux sebagai dasarnya. Selain itu, Linux juga gratis dan diklaim lebih aman daripada OS lainnya.

4. Guido van Rossum

pengembang bahasa phyton

Google mempekerjakan Rossum dari 2005 sampai 2012 dan saat bekerja di Google itulah beliau mulai mengembangkan bahasa pemrograman Phyton. Dedikasinya dalam terus mengembangkan bahasa Python membuatnya diberi julukan Benevolent Dictator For Life.

Setelah keluar dari Google, pada Januari 2013 Rossum mulai bekerja untuk sebuah perusahaan cloud storage bernama Dropbox. Tak hanya Python, Rossum juga menciptakan Mondrian, sebuah sistem yang fungsinya untuk me-review baris-baris kode.

5. Tim Berners Lee

pencetus http

Dirinya dikenal dunia berkat hasil kerjanya berupa World Wide Web. Di tahun 1989 Lee berhasil mengimplementasikan komunikasi antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) client dengan server menggunakan jaringan internet.

Melalui temuannya ini, Lee sukses membuat dunia terhubung satu sama lain. Saat ini, Lee merupakan seorang direktur dari World Wide Web Consortium (W3C) yang merupakan hasil perkembangan lebih jauh dari web.

6. Rasmus Lerdorf

penemu php

PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. Rasmus Lerdorf merupakan seorang programmer dari Denmark yang menciptakan bahasa pemrograman PHP di tahun 1995.

Pada awalnya PHP adalah kependekan dari Personal Home Page (situs personal). Waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. PHP terus dikembangkan hingga versi 5.6.4 yang dirilis 18 Desember 2014 silam.

7. Bjarne Stroustrup

programmer yang mengembangkan bahasa c jadi c++

Sorang programmer asal Denmark yang berhasil mengembangkan bahasa C buatan Dennis Ritchie. Hasil kembangannya diberi nama dengan C++. Bahasa pemrograman C++ itu dikembangkannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Sosok di balik bahasa pemrograman susah ini adalah Bjarne Stroustrup, seorang ahli komputer asal Denmark. Saat ini Bjarne adalah seorang profesor di salah satu kampus di Texas, AS.

Diberdayakan oleh Blogger.