4 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Awet

prosedur perawatan baterai laptop yang benar

Setelah kemarin membuat postingan tentang 'Cara Merawat Laptop' kurang lengkap rasanya jika tidak membuat postingan mengenai 'Cara Merawat Baterai Laptop'. Baterai merupakan salah satu komponen dari sebuah laptop yang bisa disebut vital atau penting.

Pentingnya Merawat Baterai Laptop

Tanpa baterai memanglah sebuah laptop tetap bisa digunakan dengan menghubungkan langsung laptop ke arus listrik. Tapi cara ini tidak disarankan karena bisa membuat komponen dalam laptop lainnya mengalami kerusakan. Kok bisa? Karena baterai laptop selain berfungsi untuk menyimpan daya juga berfungsi sebagai penstabil arus listrik (stabilizer) saat melakukan charging.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna untuk merawat baterai laptop agar awet dan yang jelas tidak mudah nge-drop. Berikut 4 tips dalam merawat baterai laptop:


Jangan Biarkan Sampai Habis

Terkadang saat keasikan nonton film atau main game, kita tidak sadar kalau baterai sudah mau habis dan akhirnya laptop sampai mati dengan sendirinya. Satu dua kali mungkin tidak masalah, tapi jangan terlalu sering terjadi karena akan berakibat buruk pada kualitas baterai itu sendiri.

Melakukan Charging Semalaman

Karena ingin simpel, ada beberapa pengguna yang melakukan charging saat mau tidur agar paginya langsung bisa dipakai. Walaupun kebanyakan charger mendukung teknologi 'pemutusan daya otomatis' saat baterai sudah penuh, tapi alangkah baiknya tidak melakukan overcharging. Ya, hitung-hitung bisa menghemat listrik juga.

Lakukan Metode 20/80

Tips ini masih belum pasti kebenarannya, ada yang bilang efektif ada yang bilang tidak berefek. Metode 20/80 adalah kondisi dimana baterai tidak boleh kurang dari 20% dan tidak boleh lebih dari 80%. Jadi, kamu harus melakukan charging setidaknya saat baterai tinggal 20% dan mencabutnya saat baterai susah terisi 80%. TS belum pernah mencoba tips ini, kamu bisa mencobanya sendiri untuk membuktikannya.

Main Game Terus Menerus

Punya laptop gaming dan hobi bermain game? Tapi tidak dianjurkan untuk bermain game secara terus-terusan menggunakan laptop. Bagaimanapun juga, walaupun desainnnya memang untuk bermain game tapi tetap saja ketahanannya tidak lebih baik dari PC. Berbeda dengan laptop, PC bisa digunakan lebih lama karena ketahanannya yang lebih tinggi. Jadi untuk kamu yang hobi main game, lebih baik memainkannya di PC saja.

Pengaturan Power Options (Bonus)

memaksimalkan opsi power option di laptop untuk menghemat baterai

Untuk tambahan, kamu bisa melakukan pengaturan perihal laptop kamu melalui menu Power Options yang disediakan Windows. Masuk ke 'Control Panel - Hardware and Sound - Power Options - Edit Plan Settings' dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Diberdayakan oleh Blogger.