4 Hal yang Haram Dilakukan Saat Charging Ponsel

jangan lakukan hal ini saat mengisi daya baterai

Baterai adalah salah satu komponen ponsel yang paling diperhatikan. Satu masalah utama yang sering dikeluhkan banyak orang adalah perihal baterai boros pada smartphone. Sebenarnya hal ini merupakan hal wajar yang tidak perlu dipermasalahkan karena smartphone sendiri dituntut untuk melakukan banyak tugas sekaligus. Jadi wajar saja kan kalau baterainya boros?

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita sebagai pengguna bisa merawat baterai tersebut agar bisa awet dan tahan lama. Walaupun akhirnya akan rusak juga, tapi tidak ada salahnya untuk merawat kan?


Apa itu Charging?

Charging adalah proses pengisian daya baterai pada ponsel. Dalam proses ini ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan untuk mendapatkan hasil sempurna agar daya baterai juga bisa terisi lebih cepat. Berikut 4 Hal yang 'Haram' Dilakukan Saat Charging Ponsel:

1. Jangan Nge-Charge HP di Kasur, Sofa dan Semacamnya

Kasur adalah tempat tidur yang pastinya 'empuk'. Jangan pernah charge ponsel kamu sambil menaruh ponsel diatas kasur. Saat isi daya dilakukan, akan ada arus listrik yang dialirkan dari charger ke dalam ponsel dan kasur akan menghambat pengeluaran panas. Hal ini akan berdampak buruk jika terus menerus dilakukan.

2. Jangan Nge-Charge HP Semalaman

Biasanya hal ini dilakukan karena dianggap simpel. Jadi saat bangun tidur, ponsel sudah dalam kondisi baterai full. Hal ini sebenarnya sah-sah saja dilakukan karena charger model sekarang sudah dilengkapi dengan pemutus daya otomatis. Jadi saat baterai sudah penuh, aliran listrik otomatis akan berhenti juga. Tapi akan lebih baik jika langsung dicabut bukan?

3. Jangan Menggunakan Charger Non Ori (Bajakan)

Menggunakan charger yang bukan bawaan pabrik sebenarnya tidak masalah asalkan daya charger tersebut sama dengan daya charger bawaan ponsel kamu. Yang jadi masalah adalah kebanyakan charger bajakan dayanya tidak sesuai (bisa lebih kecil bisa lebih besar). Ini akan membuat proses charging lebih lama dan tentunya lama-kelamaan bisa merusak komponen baterai.

4. Jangan Digunakan Saat Charging

Sebenarnya ini tidaklah mutlak. Menggunakan ponsel saat charging diperbolehkan asal tidak berlebihan. Berlebihan disini bisa diartikan dengan bermain game HD atau aktifitas lain yang membutuhkan kinerja tinggi. Hal tersebut akan memicu panas berlebih pada baterai, selain itu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengisi penuh daya baterai.

Diberdayakan oleh Blogger.