3 Fitur Canggih yang Kurang Berguna pada Smartphone

perkembangan layar smartphone membuatnya kini bisa melengkung

Seiring perkembangan jaman, teknologi pun ikut berkembang pesat. Salah satu yang paling eksis sampai sekarang adalah perkembangan smartphone. Dari waktu ke waktu, terus ada penambahan fitur canggih yang disematkan pada sebuah smartphone. Fitur yang ditambahkan tentunya diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi penggunanya, tapi..??

Faktanya, rentetan fitur canggih yang ditanamkan ternyata tidak semua optimal atau bisa dibilang 'kurang berguna' khususnya untuk pengguna di Indonesia. selain itu, dengan adanya fitur tersebut tentunya membuat harga yang dipatok menjadi melambung tinggi. Apa saja sih fitur-fitur tersebut?


1. Motion & Gesture

teknologi yang memungkinkan melakukan sesuatu dengan gerakan

Seberapa sering kamu menggunakan fitur motion dan gesture di ponselmu? Motion dan gesture adalah fitur yang mengandalkan sensor dan sentuhan pada ponsel. Sebagai contoh, kamu bisa memutar musik dengan menggoyangkan ponsel atau membuka aplikasi tertentu dengan menulis huruf tertentu di layar ponselmu.

Sepintas kedua fitur tersebut memang terlihat memudahkan, tapi pada kenyataannya tidak sedikit orang justru merasa ribet menggunakan motion dan gesture.

2. Fingerprint

alat pengamanan canggih yang menggunakan sidik jari

Faktor keamanan memang sangat penting, terutama bagi pengguna yang memiliki privasi atau konten pribadi yang tidak ingin diketahui orang lain. Alasan tersebutlah yang membuat diciptakannya fitur fingeprint (pemindai sidik jari). Dengan fitur ini bisa ponsel kamu dijamin aman karena untuk mengakses ponsel dibutuhkan sidik jarimu.

Fitur ini memang canggih, namun sekali lagi tidak terlalu berguna khususnya untuk pengguna biasa. Kebanyakan lebih suka menggunakan password atau PIN untuk mengunci ponsel. Akan berbeda cerita bila digunakan untuk perusahaan besar yang membutuhkan keamanan tinggi. Kamu juga akan diribetkan jikalau ada teman kamu yang mau pinjam HP-mu, secara cuma kamu yang bisa buka.

3. Layar 2K

layar dengan resolusi tinggi tidak terlalu berpengaruh

Ini bisa dibilang mubazir. Menggunakan resolusi 2K untuk ukuran layar 4-6 inch adalah hal yang sia-sia. Kenapa demikian? Coba bandingkan layar resolusi 2K dengan HD (720p) atau Full HD (1080p), apa perbedaannya? Hampir tidak ada! Resolusi sebesar itu tidak akan maksimal jika digunakan pada ukuran layar kecil. Akan lebih bermanfaat digunakan untuk layar lebar (komputer/laptop) yang memiliki ukuran 20 inch ke atas.


Diberdayakan oleh Blogger.