3 Alasan Mahasiswa Menggunakan Cloud Storage

media penyimpanan berbasis online

Cloud Storage adalah media penyimpanan vitual berbasis awan (cloud) yang berfungsi untuk menyiman berbagai data yang kamu miliki. Di jaman serba modern seperti sekarang, keberadaan Cloud Storage bisa dijadikan alternatif lain dalam hal penyimpanan data selain menggunakan penyimpanan fisik seperti flashdisk dan harddisk.

Google Drive adalah contoh media penyimpanan online yang paling banyak digunakan. Dengan membuat akun Google, kamu secaa otomatis akan mendapatkan fitur penyimpanan online gratis sebesar 15GB. Kapasitas ini masih bisa kamu perluas jika dirasa kurang.

Sebagai mahasiswa (termasuk saya), media penyimpanan online tidak bisa dipungkiri memang memberikan banyak kemudahan dalam hal olah data. Selain fungsi tersebut, 3 hal ini menjadi alasan lain mahasiswa menggunakan Cloud Storage.


1. Kemudahan Mengerjakan Tugas

mengerjakan tugas secara online

Tugas mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain tugas individu yang diberikan pada masing-masing mahasiswa, ada juga tugas kelompok yang dikerjakan beberapa mahasiswa sekaligus. Untuk memudahkan dalam hal pengerjaan, Cloud Storage bisa jadi solusi.

Dengan bantuan Cloud Storage, mahasiswa bisa bertukar pikiran tanpa harus bertatap muka langsung. Semua bisa mengerjakan tugas sesuai bagiannya masing-masing dan mengunggahnya ke penyimpanan online yang mereka punya. Setelah upload, tinggal share saja file tadi ke sesama anggota kelompok untuk dilihat dan ditambahkan jika ada yang kurang.

2. Media Tambahan Penyimpanan Data

Walaupun berstatus mahasiswa, tidak melulu juga kesehariannya hanya diselimuti tugas. Pastilah kalian punya hobi lain seperti main game atau nonton film. Sesuai fungsinya, Cloud Storage juga bisa digunakan untuk media tambahan menyimpan data jika media penyimpanan fisik (hard disk atau flash disk) penuh. Kamu juga bisa menyimpan file-file lain yang mempunyai ukuran besar agar tidak memenuhi hard disk kamu.

3. Backup Data

membuat cadangan data

Menjadi seorang mahasiswa pastilah mempunyai banyak dokumen penting seperti modul materi, kumpulan tugas atau data penting lain yang sayang jika sampai hilang. Kamu bisa memanfaatkan Cloud Storage untuk membuat cadangan data agar jikalau data utamamu hilang, kamu masih mempunyai salinannya yang tersimpan rapi di cloud.

Diberdayakan oleh Blogger.