Upgrade Gratis Windows 10 Berakhir 29 Juli 2016

versi terakhir dari sistem operasi windows

Windows 10 adalah versi terakhir Windows yang dikeluarkan Microsoft. Kedepannya, kita tidak perlu lagi melakukan upgrade OS lagi karena semua update akan diberikan secara berkala di Windows 10. Karena ini adalah versi terakhir, Microsoft memberikan promo upgrade gratis Windows 10 selama 1 tahun terhitung sejak 29 Juli 2015 silam.

Meski digratiskan, tak lantas semua orang terus meng-upgrade OS komputer mereka. Ada beberapa yang enggan untuk upgrade, entah karena sudah nyaman dengan versi yang sedang dipakai, malas untuk upgrade atau mungkin mereka tidak tahu tentang promo ini. Sudah hampir 1 tahun sejak promo itu berjalan dan tanggal 29 Juli 2016 nanti upgrade gratis ke Windows 10 ini akan dihentikan.



Lewat dari tanggal tersebut, Windows 10 sudah tak gratis lagi. Kamu harus merogoh kocek $119 (1,6 jutaan) untuk mendapatkan lisensi original Windows 10 Home. Untuk yang Pro tentunya lebih mahal lagi.

Pembagian Upgrade:
  • Windows 7, Home Basic, Home Premium --> Windows 10 Home
  • Windows 8 dan 8.1 --> Windows 10 Home
  • Windows 7 Professional dan Ultimate --> Windows 10 Pro
  • Windows 8 Pro dan 8.1 Pro --> Windows 10 Pro
Note: Berlaku untuk 32bit & 64bit (XP ke bawah tidak mendapat upgrade).

Kelebihan Windows 10

Disini penulis merangkum beberapa poin penting yang bisa dijadikan perhitungan untuk upgrade ke Windows 10.

1. Start Menu

Di Windows 10, kamu akan disuguhi tampilan Start Menu yang ciamik dan lebih powerfull. Tombol ini adalah gabungan dari Windows 7 yang dikombinasikan dengan preview dinamis milik Windows 8.

2. Microsoft Edge

Sebelumnya, Internet Explorer adalah browser bawaan yang dibundle otomatis ketika kita instal Windows OS di komputer. Di Windows 10, kamu akan mendapatkan browser eksklusif pengganti Internet Explorer yang tentunya memiliki segudang fitur unggulan serta tampilannya yang sudah mendapat banyak perubahan. Ingat, browser ini tidak bisa dipakai di OS selain Window 10.

3. Lebih Aman Dari Serangan Virus

Karena ini adalah OS terakhir, jadi bisa dikatakan ini adalah versi Windows yang paling aman daripada versi sebelumnya. Kenapa? OS lama seperti Windows XP sekarang sudah tidak mendapat update lagi, sedang update Windows 7 juga akan berakhir 2020 mendatang. Beda dengan Windows 10 yang mendapatkan update rutin jika ada bug atau semacamnya.

4. Cortana

personal assistant buatan microsoft

Cortana adalah virtual assistant yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows 10, serupa dengan Siri di iOS dan Google Now di Android. Meski pada dasarnya Cortana adalah aplikasi mobile tapi bisa juga kok dipakai untuk desktop. Katakan "Hey, Cortana!" dan dia akan melakukan apa saja untukmu, misal menjadi rekan chat atau mencari informasi di internet.

5. DirectX 12

Terdapat fitur Multi Adapter yang memungkinkan DirectX 12 menggunakan lebih dari 1 GPU (Graphic Processing Unit). Dalam pengujiannya, Multi Adapter memberikan FPS (Frame per Second) yang lebih tinggi dibanding Single Adapter. DirectX 12 juga memberikan tampilan grafis yang lebih memukau untuk bermain game.

Jadi bagaimana, masih tetap bertahan apa mau upgrade?

Diberdayakan oleh Blogger.