Picasa Akan Ditutup Google, Apa Alasannya?

picasa ditutup dan digantikan google photos

Picasa adalah layanan untuk mengelola foto yang dikembangkang LifeScape pada tahun 2002 silam sampai akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2004. Setelah kehadirannya kurang lebih 12 tahun ini, dikabarkan Picasa bakal ditutup Google dan digantikan Google Photos. Hal ini memang masuk akal mengingat kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama. Tentu tidak akan efisien jika keduanya dijalankan bersamaan.

Walaupun begitu, Picasa versi desktop masih akan tetap bisa diakses. Hanya saja mulai tanggal 15 Maret pembaruan untuk layanan foto ini akan diberhentikan. Hingga 1 Mei ke depan, Picasa Web sendiri masih akan tetap bisa diakses. Kamu masih bisa melihat dan mengunduh foto, namun kamu tidak akan bisa lagi mengatur atau mengedit foto.

Kamu juga tidak perlu kawatir tentang fitur yang ada di Picasa. Karena semua fitur di dalamnya akan tetap ada di Google Photos.

Sekilas Tentang Google Photos

Google Photos adalah sebuah aplikasi penyimpanan foto online berbasis cloud. Setiap foto di Android kamu akan secara otomatis tersimpan juga di Google Photos.

Yang menarik adalah kapasitas unlimited yang diberikan kepada penggunanya. Dengan kata lain kamu bebas menyimpan berapapun foto yang kamu punya dengan syarat resolusi maksimal 16MP. Selain menyimpan foto, kamu juga bisa mengedit foto langsung melalui aplikasi ini dan membagikannya ke akun sosial media milikmu.

Well, nampaknya ini memang keputusan yang bijak daripada harus mengelola dua aplikasi yang sama fungsinya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel