Tahun 2016, BlackBerry Beralih Menggunakan OS Android

blackberry menggunakan sistem operasi android

Kepopuleran android nampaknya membuat BlackBerry harus mengambil langkah krusial dengan ikut beralih menggunakan OS android pada ponsel besutan mereka. Bukan tanpa alasan, BB OS yang makin hari makin ditinggalkan pengguna tidak mungkin bisa bertahan lagi di pasaran. Satu-satunya jalan untuk tetap bertahan adalah dengan ikut menggunakan android sebagai sistem operasi ponsel BlackBerry.


Alasan BlackBerry Gunakan OS Android

Mungkin keputusan John Chen melepas aplikasi BBM ke android dan OS lain bisa dibilang malah menjadi boomerang bagi developer asal Kanada ini. Bagaimana tidak, mereka telah menjual harta yang notabene adalah senjata utama dari BlackBerry. Alhasil, pengguna Blackberry pun berbondong-bondong pindah ke android.

Dilansir dari Cnet, tahun 2016 ini menjadi tahun dimana BlackBerry akan fokus pada android. "Semua smartphone BlackBerry yang diluncurkan pada tahun 2016 semuanya resmi akan menggunakan android sebagai sistem operasinya", ungkap John Chen selaku CEO BlackBerry.

Di satu sisi, pengguna BB OS akan merasa kecewa dengan keputusan ini. Tapi di lain pihak, para penggemar android bisa mencoba varian baru dengan hadirnya BlackBerry dengan sistem operasi android.

Keputusan ini mungkin bisa dibilang langkah tepat yang diambil John Chen untuk tetap mempertahankan BlackBerry di pasaran. Mau bagaimana lagi, meski sempat menjadi raja di tahun 2000an, sekarang BB OS bukanlah apa-apa dihadapan android dan iOS.

Dalam beberapa kuartal ke depan, BlackBerry berencana untuk menjual BB Priv yang saat ini dihargai USD699 ke 31 negara lain. Chen berharap, Priv dapat mengangkat reputasi BlackBerry sehingga BlackBerry akan kembali membuat smartphone berbasis BB10.

Diberdayakan oleh Blogger.