Windows Phone Tertinggal dari Android dan iOS

penjualan windows phone tidak bisa saingi Android dan iOS

Windows bisa dibilang sebagai sistem operasi paling populer untuk urusan desktop. Namun sepertinya hal ini tidak berlaku untuk platform mobile. Microsoft dengan Windows Phone miliknya nampaknya masih atau bahkan semakin tertinggal jauh oleh kedua pesaingnya, iOS dan Android. Market share WP sendiri sekarang hanya 1,7% yang sebelumnya 3%. Artinya, hampir setengah dari pengguna WP beralih ke platform Android dan iOS.


Android masih gagah menduduki peringkat pertama sebagai OS yang paling banyak digunakan yaitu sebesar 85% dan disusul iOS dengan perolehan sekitar 13%. Lantas apa yang membuat WP tidak bisa mengejar kedua pesaingnya?

Jika dibandingkan, memanglah Windows Phone belum bisa menyaingi Android untuk sekarang ini. Penggunaan Android yang simpel dan sangat user friendly tentunya menjadi kelebihan tersendiri. Sudah begitu kamu akan disuguhkan beragam aplikasi yang bisa kamu unduh secara bebas baik yang gratis maupun berbayar. Untuk yang suka oprek-oprek, Android juga memungkinkan penggunaanya melakukan "rooting" untuk mendapatkan kontrol penuuh pada perangkat yang dimilikinya.

Untuk iOS sendiri, saya rasa memiliki kelebihan di bidang kualitas aplikasi. Mengapa saya bilang demikian? Coba perhatikan, kebanyakan aplikasi yang hadir di App Store didukung para developer handal. Banyak juga aplikasi yang hadir terlebih dulu di iOS sebelum akhirnya dirilis untuk platform lain. Satu lagi yang menjadi keunggulannya adalah dari segi desain. Desain yang kokoh nan elegan selalu menjadi ciri khas iOS. Siapa sih yang gak suka dengan desain iPhone?

Sebenarnya ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana para developer bisa memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki menjadi senjata yang mampu menggaet para konsumen. Well, apakah Windows Phone bisa bertahan? Siapa yang terbaik menurut kamu?

Diberdayakan oleh Blogger.